Cara Mengatasi Flashdisk Unallocated Pada Windows

Cara Mengatasi Flashdisk Unallocated Pada Windows - seperti kita tau flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan yang banyak di gunakan saat ini, flashdisk sendiri adalah sebuah penyimpanan exsternal yang di sambungkan pada port usb laptop, netbook atau komputer kita. selain itu flashdisk dapat di gunakan untuk menyimpan berbagai format data. flashdisk lebih praktis daripada cd atau dvd karena flashdisk tidak perlu lagi kita meburning dan biasanya itu menyebabkan cd rom atau dvd rom cepat rusak.

pada kali ini saya membahas tentang flashdisk Unallocated adalah suatu masalah pada flashdisk di mana flashdisk yang kita gunakan memiliki kapasitas yang kecil hal itu bisa di sebabkan oleh berapa faktor seperti membuat bootable windows maupun linux pada rufus dan bisa juga di sebabkan oleh virus yang menyerang flashdisk.

ini pengalaman saya pada waktu itu ketika saya membuat bootable windows pada flashdisk saya setelah proses bootable windows lalu saya membatalkan proses bootable, setelah itu juga timbulah sebuah masalah pada flashdisk saya yaitu kapasitas atau size flashdisk saya menjadi kecil, saya bingung kok bisa flashdisk yang tadinya berukuran 16 Gb menjadi 2.79 GB.

sudah saya format berkali kali masih saja kapasitasnya tidak berubah dan ini membuat penasaran saya dan saya cek pada disk management disni saya mengetahuinya ternyata sebagian kapasitas flashdisk saya yang 11,59 GB Unallocated, setelah itu saya format pada 11,59 GB yang hilang tapi malah partisi saya menjadi 2 bagian.

saya teringat pas dulu saya pernah mengalami hal yang sama, di situlah saya mengutak - ngatik dengan memanfaatkan cmd pada windows saya, dan menggunakan perintah - perintah yang menurut saya simple dan pastinya sangat mudah di ingat, setalah mengutak - ngatik cmd akhirnya flashdisk kembali normal lagi dan partisi saya bisa kembali pada semestinya. untuk tutorialnya bisa anda liat di bawah.


  1. Pertama anda buka cmd pada windows
  2. Setelah itu ketik perintah diskpart pada cmd enter. 
  3.  sekarang kita cari di mana letak flashdisk dengan mengetikan perintah list disk pada cmd dan enter. 
  4. setelah kita tau letak flashdisk, contohnya flashdisk saya letaknya pada disk 1 maka yang harus kita lakukan mengetikan perintah select disk 1 pada cmd dan enter.

  5. setelah itu kita ketik perintah clean pada cmd lalu enter.  
  6. selanjutnya untuk membuat partisi kita ketikan pada cmd create partition primary lalu enter. 
  7.  lalu ketikan perintah exit pada cmd lalu enter. 
  8. setelah itu anda masuk disk management lalu format flashdisk anda seperti di bawah . 

setelah anda mengikuti step by step dengan benar maka flashdisk anda akan kembali normal, sekian postingan tentang Cara Mengatasi Flashdisk Unallocated Pada Windows semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Flashdisk Unallocated Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel